iOS 14 Resmi Dirilis! Nyontek Android?


Hari ini Apple merilis mobile OS terbarunya, iOS14. Dalam sistem terbarunya ini, terdapat beberapa fitur baru, namun sebagian besar akan terasa akrab bagi pengguna android. Apakah fitur baru dari iOS14 meniru android?

Sekarang widget layar beranda punya banyak pilihan, dan banyak pilihan ukuran. Layar "Today" tidak akan hilang, tapi kita dapat menambahkan widget dalam layar reguler sekarang.

Apple juga menambahkan App Library berada di bagian paling kanan layar beranda dan secara otomatis mengoraganisir aplikasi kita sesuai kategori. Layar App Library ini layaknya layar yang berisi folder "aplikasi paling banyak digunakan", "aplikasi terbaru", rekomedasi aplikasi", jadi akan lebih mudah mengakses aplikasi-aplikasi yang paling sering kita gunakan.


Picture-in-picture (PiP) sekarang sudah tersedia untuk video dan pangilan FaceTime. Fungsi ini bekerja seperti di Android. Ketika memutar video dalam suatu aplikasi, menggunakan Home Gesture, video akan tetap berputar dalam jendela PiP. Apple juga membuat kita dapat menyembunyikan video dengan tetap membuat suaranya berputar, hal ini belum ada dalam fitur Android.


Siri sekarang mempunyai desain yang compact dengan animasi di bagian bawah layar. Saat ini Siri tidak lagi muncul dalam full layar ketika kita panggil. Siri juga mendapatkan fungsi translate seperti Google Translate, dan dapat menjawab pertanyaan kita secara langsung.

Aplikasi pesan Apple juga mendapatkan beberapa update seperti, kemampuan melakukan Pin kepada kontak yang sering kita hubungi, mention dan balasan-inline dalam percakapan grup. Selain itu ada tambahan memoji baru seperti face mask dsb.


Apple Maps mendapatkan peningkatan detail peta di UK, Irlandia, dan Kanada. Apple Maps juga mempunyai update untuk pengendara sepeda, info naik turun kontur jalan, dan "peringatan tangga" di New York, LA, San Fransisco, Beijing dan Shanghai. Fitur "Guides" memungkinkan kita untuk menjelajahi restoran, tempat-tempat populer, dan rekomendasi jelajah dari beberapa brand.

Dalam iOS14 ini, CarPlay dapat membuat iPhone kita sebagai "kunci" mobil kita menggunakan NFC, mulai dari mobil BMW seri 5 tahun 2021. Dengan mengetuk iPhone untuk membuka pintu mobil, letakkan iPhone kita di charging-pad dan tekan tombol "Start/Stop" untuk menyalakan mobil.

Terakhir, App Stores juga menambahkan fitur App Clips, mirip degan Android Slices. App Clips merupakan fitur "coba dulu" sebuah aplikasi tanpa harus menginstal terlebih dahulu, semacam aplikasi portable. Kita dapat menjelajahi App Clip dengan menscan kode App Clip, atau melalui tag NFC dan QR Code, atau mendapatkannya dari iMessage dan Safari.

iOS 14 akan tersedia untuk versi pengembang terlebih dahulu dan versi beta untuk publik bulan depan. Versi stabil dari iOS 14 akan dapat didownload untuk iPhone seri 6s ke atas.

Untuk melihat perilisan iOS 14 secara lebih lengkap dalam WWDC 2020, bisa dilihat dalam livestreaming di bawah ini,


Lebih baru Lebih lama