Huawei Mengalahkan Samsung! Produsen Terbesar di Dunia.


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Huawei berhasil menggeser Samsung sebagai Produsen Smartphone Terbesar di dunia. Data ini hasil dari penelitian Counterpoint research pada bulan April tahun ini. Beberapa faktor menjadi penyebabnya.

Penyebab yang pertama dan paling utama adalah adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan Samsung mengurangi produksinya. Samsung sangat bergantung pada pasar India, USA, Amerika Latin dan Eropa, tetapi karena kebijakan penutupan gerai-gerai fisik dan penurunan daya beli masyarakat saat ini membuat Samsung sedikit kesulitan menguasai penjualan. Pada bulan April, Samsung hanya menguasai penjualan sebesar 17% di seluruh dunia, sedangkan Huawei berhasil menguasai 19% nya.

Meskipun Huawei masih diblacklist dalam menggunakan GMS (Google Mobile Services), namun pada bulan April ini di China sudah mulai membaik dalam penanganan pandemi covid-19 sehingga konsumen (warga China) berhasil menaikkan angka penjualan smartphone Huawei. Akan tetapi, menurut penelitian yang sama, Samsung kemungkinan akan menggeser kembali posisi puncak sebagai Produsen Smartphone Terbesar di Dunia dalam waktu beberapa bulan ke depan, karena di beberapa negara sudah mulai terjadi keloggaran setelah lockdown beberapa bulan belakangan.
Lebih baru Lebih lama