Overuse/Generic Logo di 99designs


Overuse/generic logo menjadi salah satu sisi negatif di 99designs dengan banyaknya kontes dan designer yang terdaftar di 99designs.
Penggunaan logo yang generic merugikan semua pihak yang terkait di 99designs.
  1. Bagi Klien, menerima logo yang generic tentu menjadi sesuatu yang menjengkelkan, karena tidak ada hal unik dari logo yang akan dia dapatkan. Akibatnya logo akan bermasalah ketika nantinya klien mendaftarkan logonya ke hak paten karena sudah terlalu banyak logo yang beredar dan dipakai di luar sana.
  2. Bagi 99designs, apabila terlalu banyak logo generic yang beredar di kontes atau bahkan dimenangkan klien, tentu akan mengurangi kredibilitas dan tingkat kreativitas komunitas secara umum. Sehingga 99designs selalu merazia desainer yang kedapatan menggunakan logo generic terlalu banyak/sering.
  3. Bagi desainer, seperti disebutkan di atas, penggunaan logo generic yang terlalu sering akan meningkatkan resiko akun disuspen/dibanned.

Kebanyakan logo generic tidak sengaja digunakan oleh desainer pemula, karena ketidaktahuan tentang kategori logo generic. (baca tentang kesalahan desainer pemula di sini). Nah, seperti apakah logo generic yang sering dipakai di 99designs. Kita akan ulas di dalam artikel ini.

1. Logo dengan Akronim Nama Perusahaan dan dipisah Lengkungan



2. Logo dengan Akronim Nama Perusahaan dan seperti disambung



3. Logo dengan Nama Perusahaan di tengah 2 Lingkaran



4. Logo hanya dengan Font Satisfaction



5. Logo dengan Akronim Nama Perusahaan di dalam Kotak

6. Logo Finansial dengan 3 Grafik Batang atau Grafik Garis



7. Logo Perumahan dengan Gambar Atap dan Bangunan Kubus



8. Logo dengan Bola 3D



9. Logo dengan Gaya Mobil



10. Logo dengan Cabang Pohon/Orang/Tangan



11. Logo dengan Daun/Orang Berbentuk V/Lingkaran Pelangi




12. Logo dengan Garis Swoosh dan Tetesan Air




13. Logo dengan Lingkaran yang Berhubungan dan Logo dengan Gear




14. Logo dengan Menggabungkan Bentuk-Bentuk di atas



Seperti itulah contoh logo-logo yang sudah terlalu banyak digunakan dan menang di 99designs atau marketplace lain. Silakan juga cek secara berkala di Pin Board berikut https://id.pinterest.com/overusedlogos/ .

Memang tidaklah salah jika menggunaka logo generic untuk ikutan kontes di 99designs. Tetapi akan ada resiko akun disuspen/dibanned oleh 99designs. Selain itu, penggunaan logo generic akan membuat kreativitas kita tumpul dan tidak akan berkembang. Yakinlah bahwa desainer-desainer hebat selalu disertai dengan perjuangan dan kreativitas.
Lebih baru Lebih lama